4 Langkah Mantap eBook Marketing

eBook

Pernah berangan-angan membuat buku yang memiliki banyak pembaca, mendapatkan customer/client, mendapat subscriber baru, dan membuat bisnismu dalam sorotan? eBook marketing jawabannya.

EBook adalah salah satu cara untuk membangun kredibilitas, visibilitas, dan hubungan otentik dengan pembaca intimu. Kunci dari eBook yang sukses adalah membagikan konten yang bermanfaat dan relevan yang dirancang untuk membantu orang meningkatkan kehidupan mereka atau memecahkan masalah tertentu yang mereka alami. Dengan kata lain, BERI. Tidak semua orang yang menemukannya akan membeli, tetapi saya jamin bahwa ada orang yang akan membeli jika eBook tersebut menunjukkan kemurahan hati, terutama dengan konten dan pengetahuan yang bernilai tinggi.

Meskipun demikian, menulis eBook yang bagus saja tidak akan menjamin akan menghasilkan, meningkatkan brand, atau mendapatkan penjualan kecuali dipasarkan. Berikut kita akan bahas tentang eBook Marketing.

Manfaat eBook Marketing

Manfaat Ebook
Manfaat Ebook
  1. Ebook menunjukkan bahwa kamu atau bisnismu expert di suatu bidang. Dengan membuat eBook kamu bisa menunjukkan bahwa kamu punya pengetahuan, pengalaman, atau keahlian di bidang yang kamu tekuni. Misal bidang yang kamu tekuni adalah pertanian, kamu bisa membuat eBook dengan judul “7 Langkah Menanam Hidroponik Dengan Benar” atau “10 Fakta dan Mitos Tentang Hama”
  2. eBook memiliki nilai lebih. Banyak web yang menawarkan eBook atau white paper sebagai lead magnet. Lead magnet adalah sesuatu (misal eBook) yang akan diberikan ke pengunjung apabila mereka mau subscribe email. Pengunjung biasanya akan rela untuk memberikan email mereka agar mendapatkan lead magnet tersebut. Padahal eBook tersebut sebenarnya adalah blog post yang ada di website tersebut.
  3. eBook gampang dan cepat dibuat. Semua orang bisa membuat eBook dengan MS Word, Google Docs, ataupun Open Office. Ada juga software lain yang khusus untuk eBook. Bila dibandingkan dengan buku cetak, tentunya eBook lebih mudah dibuat.
  4. eBook itu praktis. Setelah membuat eBook, kamu ga perlu manage lagi seperti website yang butuh hosting, atau sebagainya. Setelah selesai membuat eBook, kamu bisa fokus pada hal lain seperti marketing.
  5. eBook bisa mendatangkan sales. Hari ini, orang seperti sudah kebal terhadap iklan. Nah, dengan eBook kita bisa menjembatani calon pembeli untuk membeli produk kita. Dengan membuat eBook yang berisi informasi bermanfaat, kita bisa menyisipkan produk yang ingin kita jual.
  6. eBook bisa interaktif. Tidak seperti buku cetak yang tidak bisa diklik, eBook dapat memuat hyperlink ke resource tambahan agar pembaca dapat lebih mudah memahami. eBook juga bisa memuat video, walaupun butuh koneksi internet, tapi itu sangat membantu pembaca. Tentu buku cetak di dunia kita belum bisa seperti buku sihir di Harry Potter yang bisa ada videonya kan…

Langkah-Langkah eBook Marketing

Langkah-langkah ini saya terjemahkan dari post saya sebelumnya di How To Make eBook.

Tentukan topik.

Memilih topik
Memilih topik

Pilih topik yang akan kamu tulis terlebih dahulu. Kamu bebas untuk menulis apapun tentang keahlianmu, tetapi apakah itu dibutuhkan oleh calon pelangganmu? Kamu perlu menulis eBook yang akan dibaca oleh calon pelanggan. Usahakan eBook tidak hanya di-download, lalu cuma disimpan. Buatlah eBook yang akan benar-benar dibaca.

Mari ajukan pertanyaan berikut:

  • Apakah topik ini merupakan masalah bagi calon pelangganku?
  • Apakah aku tahu solusi untuk masalah ini?
  • Apakah aku punya data untuk disajikan dalam bentuk grafik? Orang menyukai angka.
  • Bagaimana cara menghubungkan topik ini dengan bisniku?

Oke, itu hanya pertanyaan sederhana untuk memunculkan ide untuk topik eBook-mu. Kamu dapat menjelajahi pertanyaan lain, tetapi mari kita lanjutkan ke step berikutnya.

Buat Isi eBook

Mengetik
Mengetik

Membuat konten adalah hal yang penting. Ini menunjukkan bisnismu kepada pembaca.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten yang bagus.

  1. Buatlah eBook yang profesional dan deskriptif. eBook bukanlah blog. Kamu perlu menulisnya sejelas mungkin. Gunakan gaya penulisan yang sesuai dengan pembaca saat menulis konten. Kamu bisa belajar dari berbagai sumber atau mengambil kursus menulis.
  2. Buat pengantar yang bagus. Sebuah pengantar yang membuat pembaca penasaran untuk membaca seluruh eBook. Kamu perlu menarik perhatian orang ke pendahuluan. Kumpulkan minat mereka pada eBookmu. Beri tahu mereka apa yang akan mereka dapatkan dengan membaca eBook tersebut. Jadi, Kamu perlu mendeskripsikan eBookm u secara singkat dan daftar isi.
  3. Tunjukkan nilai yang ingin Kamu berikan. eBook bukanlah iklan, ini adalah kesempatan untuk menyampaikan keahlianmu yang akan membantu calon pelanggan. Oleh karena itu, mereka mungkin akan membeli produk atau layanamu nanti. Pertama, pikirkan tentang nilai apa yang akan mereka dapatkan dengan membaca eBookmu. Jadi, ciptakan informasi yang bermanfaat bagi pembaca dengan memberikan tips dan solusi atas masalah yang mereka hadapi.
  4. Buat kerangka garis besar. Dengan menggunakan kerangka garis besar, Kamu dapat mengatur isi eBook. Pastikan aliran konten sejalan dengan tujuan eBook. Misalnya, Kamu dapat memulai dengan masalah, mendeskripsikan masalah, dan kemudian menunjukkan solusinya.
  5. Buat konten terlebih dahulu, lalu edit nanti. Tuliskan idmu ke garis besar yang dibuat. Tulislah semua, jangan pikirkan matang-matang apakah bagus atau tidak. Setelah Kamu menyelesaikan kontenya. Baca lagi. Apakah itu konten yang bagus? Saya 100% yakin kamu perlu mengeditnya. Potong konten yang tidak diperlukan. Pindahkan konten yang tidak ditempatkan dengan benar. Tambahkan informasi lebih lanjut jika dibutuhkan.
  6. Proofreading. Baca eBookmu lagi dan lagi. Lakukan edit berkali-kali sampai Kamu puas. Minta orang lain untuk membaca eBookmu, mungkin temanmu, atau menyewa freelancer di bidang keahlianmu.
  7. Buat CTA (Call-To-Action) yang jelas. Jika Kamu memiliki produk atau layanan untuk ditawarkan, pastikan Kamu meletakkannya di akhir eBook. Perjelas apa yang perlu dilakukan pembaca. Jika Kamu menawarkan uji coba gratis atau versi gratis dari layanamu, jelaskan bahwa layanan gratis dapat menyelesaikan masalah. Letakkan CTA yang benar. Kalau kamu ingin mengembangkan social mediamu misal Facebok atau Instagram, maka taruh link untuk follow.

Buat eBooknya

Kamu mungkin memiliki keahlian ahli di bidanmu, tetapi untuk membuat eBook yang profesional, Kamu memerlukan desain yang bagus. Untuk memperjelasnya, Kamu membutuhkan seorang desainer profesional (jika perusahaanmu punya).

Bekerja sama dengan desainer adalah suatu keharusan. Kamu harus memberi tahu mereka tentang apa eBook ini, apa yang ingin Kamu tekankan, lalu grafik yang perlu diperhatikan. Kamu mungkin harus bolak-balik ke desainer beberapa kali setelah kamu memberikan masukan untuk mereka.

Alternatif lain adalah menggunakan eBook Creator dengan template desain yang sudah ada. Bisa pakai MS Word, Google Docs, atau aplikasi eBook creator (cek detail di bawah).

Sebarkan eBook

Sebagai Lead Magnet

Kalau eBookmu digunakan sebagai lead magnet, berarti taruh di blog atau websitemu. Kamu bisa menggunakan pop up, atau halaman khusus. Kamu bisa pakai Mailchimp, GetResponse, Aweber, atau lain sebagainya untuk membuat landing page untuk lead magnet. Langkah ini sebenarnya bisa disebut eMail marketing.

Taruh 3D eBook cover mu di samping form untuk eMail. Orang biasanya akan tertarik dengan 3D. Misal berikut contohnya.

eBook sebagai Lead Magnet
eBook sebagai Lead Magnet

Sumber: https://pages.smartblogger.com/headline-hacks

Atau misal bisa juga wajahmu. Cara ini akan menambah profesionalisme blog/websitemu.

eBook sebagai Lead Magnet - Muka
eBook sebagai Lead Magnet – Muka

Sumber: https://smartbusinessrevolution.com/

Bisa juga memakai seperti flipbook.

eBook sebagai Lead Magnet - Template
eBook sebagai Lead Magnet – Template

Sumber: https://www.digitalmarketer.com/account/fb-ad-templates/

Publikasi

Kalau eBookmu ingin disebarluaskan kemana-mana dengan tujuan orang lebih mengenalmu, kamu bisa bagikan di berbagai situs upload PDF.

  1. Issuu
  2. Scribd
  3. Slideshare
  4. Edocr
  5. Slideserve
  6. yumpu
  7. Academia

Mempublikasikan eBookmu di web-web tersebut membuat eBook mu dapat ditemukan oleh siapapun pengguna di web tersebut ataupun Google. Mungkin kamu bisa mencoba melakukan keyword research terlebih dahulu untuk menentukan judul apa yang tepat untuk eBookmu. Ada kemungkinan lho eBook-mu bisa tampil di halaman pertama Google. Terkadang ada saja eBook yang di halaman pertama Google.

Social Media

Taruh link ke tempat filemu di social media. Misal ke landing page atau ke Scribd. Apabila kamu memiliki banyak pengikut, cara ini akan efektif.

Misal eBook yang dibagikan oleh Amazon di atas. Bisa juga kamu menuliskan bahwa sudah ada 1000+ lebih orang yang download eBookmu dan post di social media. Tentunya jujur ya.

Resource

Di bagian ini saya akan memberi sedikit resource yang saya gunakan untuk melakukan eBook marketing. Link yang ada bisa merupakan affiliate link saya ya. Oh, ya kalau misal beli Sqribble atau Designrr lewat link di bawah, contact aja ya, saya akan berikan akses ke eBook mengenai content marketing. Bilang saja sudah beli Designrr atau Sqribble. Tapi tentu saja bisa langsung beli tanpa memakai affiliate link ini.

Ini eBooknya

Content Marketing eBook

Tools untuk membuat eBook

  • Designrr, eBook creator yang sering saya gunakan.
  • Sqribble, eBook creator yang saya beli sebelum memakai Designrr, tapi cukup repot menggunakannya, lebih baik Designrr.

Tools Untuk Publikasi eBook

  • Tailwind, tools untuk Pinterest automation. Saya memakai Pinterest untuk mempublikasikan eBook. Lebih jelas di Panduan Tailwind

Jasa


Blogpost ini juga dapat ditemukan dalam bentuk eBook di:


4 Langkah Mantap eBook Marketing

Iklan

Bibit bonus investasi
Bibit bonus investasi

Leave a Reply

NEVER sells dream

That is our digital marketing ethics.
Join us to success in digital marketing with dignity.
Don't forget to subscribe and we will send you Advanced Affiliate Marketing Journey

Alternatively, you can buy this eBook for $17 at Sellfy

Thank you for subscribing. We have sent confirmation email.

Something went wrong.